Pages

Tuesday, March 1, 2011

Manusia Dan Cinta Kasih

   Cinta adalah sebuah perasaan yang ingin membagi bersama atau sebuah perasaan afeksi terhadap seseorang. Pendapat lain nya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang di inginkan objek tersebut.
   
   Definisi Cinta adalah satu perkataan yang mengandungi makna perasaan yang rumit. Bisa di alami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga di pengaruhi perkembangan semasa. Perkataan senantiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke 21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti
berikut :

  • Perasaan terhadap Keluarga
  • Perasaan terhadap teman-teman, atau Philia
  • Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
  • perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros
  • perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape (Cinta tanpa batas)
  • Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut Narsisme
  • Perasaan terhadap konsep tertentu
  • Perasaan terhadap Negara nya atau Patriotisme
  • Perasaan terhadap Bangsa atau Nasionalisme
Penggunaan perkataan cinta dalam masyarakat Indonesia dan Malaysia lebih di pengaruhi perkataan Love dalam bahasa Inggris.  Love digunakan dalam semua amalan dan arti untuk eros, philia, agape dan storge. Namun demikian perkataan-perkataan yang lebih sesauai masih ditemui dalam bahasa serantau dan dijelaskan seperti berikut :
  • Cinta yang lebih cenderung kepada Romantis, Asmara dan Hawa nafsu, disebut Eros

  • Sayang yang lebih cenderung kepada teman-teman dan keluarga, disebut Philia

  • Kasih yang lebih cenderung kepada keluarga dan Tuhan, disebut Agape

  • Semangat nusa yang lebih cenderung kepada patriotisme, nasionalisme, dasisme, disebut Storge



Menurut Erich Fromm ada 4 (empat) syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu :
  1. Perasaan
  2. Pengenalan
  3. Tanggung Jawab
  4. Perhatian
  5. Saling Menghormati
   Erich Fromm dalam buku larisnya (The Art of Loving) menyatakan bahwa ke empat gejala : Care, Responsibility, Respec, Knowledge (disebut CRRK), muncul semua secara seimbang dalam pribadi yang mencintai. Cinta memiliki 3 (tiga) unsur, yaitu :
  1. Keterikatan, adalah perasaan untuk hanya bersama orang yang dicintai, segala prioritas hanya untuk dia.
  2. Keintiman, yaitu adanya kebiasaan-kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa tidak ada jarak lagi, sehingga panggilan formal diganti dengan sekedar nama panggilan.
  3. Kemesraan, yaitu rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen apabila jauh atau lama tak bertemu, ucapan-ucapan yang menyatakan sayang, saling mencium, merangkul dan sebagai nya.


Jenis-jenis Cinta


Seperti banyak jenis kakasih, adabanyak jenis cinta. Cinta berada di seluruh semua kebudayaan. Oleh karena perbedaan kebudayaan ini, maka pendefinisian Cinta pun sulit di tetapkan.


Ekspresi cinta dapat termasuk cinta kepada 'Jiwa' atau 'Pikiran', cinta hukum dan organisasi, cinta badan, cinta alam, cinta makanan, cinta uang, cinta belajar, cinta kuasa, cinta keterkenalan, dll. Cinta lebih berarah ke konsep Abstrak, lebih mudah di alami dari pada di jelaskan. Cinta kasih yang sudah ada perlu di jaga agar di pertahankan keindahan nya.



Afeksi


   Kasih sayang atau dikenal juga sebagai (Afeksi pada istilah Psikologi, yang dalam bahasa Inggris berarti Affection) secara harfiah adalah semacam stauts kejiwaan yang disebabkan oleh pengaruh eksternal. Istilah ini dalam bahasa Inggris sering digunakan untuk menjelaskan hubungat antara dua orang (atau lebih) yang lebih dari sekedar rasa simpati atau persahabatan.




Kemesraan


   Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga  kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih. Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur juga, yaitu :

  • Kemesraan dalam tingkat remaja terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat
  • Kemesraan dalam Rumah Tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. biasanya pada tahun awal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa
  • Kemesraan Manusia Usia Lanjut, kemesraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelum nya. Pada masa ini di wujudkan dengan jalan-jalan dan sebagai nya.
   Pengertian Pemujaan adalah dimana kita memuja atau mengagungkan sesuatu yang kita senangi. Pemujaan dapat dilakukan dalam berbagai aspek seperti pemujaan pada leluhur, memuja pada agama tertenut dan kepercayaan yang ada. Seperti Pemujaan pada leluhur adalah suatu kepercayaan bahwa kemampuan para leluhur yang telah meninggal masih memiliki  kemampuan untuk ikut mempengaruhi keberuntungan orang yang masih hidup. dalam beberapa budaya timur dan tradisi penduduk asli amerika, tujuan pemujaan leluhur adalah untuk menjamin kebaikan leluhur dan sifat baik pada orang hidup, dan kadang-kadang untuk meminta suatu tuntunan atau bantuan dari leluhur. Fungsi sosial dari pemujaan leluhur adalah untuk menigkatkan nilai-nilai kekeluargaan, seperti berbabkti pada orang tua, kesetiaan keluarga, serta keberlangsungan garis keturunan keluarga

    Pengertian belas kasih, dalam surat Al-Qolam ayat 4, maka manusia menaruh belas kasihan kepada orang lain, karena belas kasihan adalah perbuatan orang yang ber-budi. sedangkan orang yang berbudi sangat dipujikan oleh Allah SWT. Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berakhlak. Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia menggugah potensi belas kasihan nya itu. Bila orang itu tergugah hatinya maka berarti orang berbudi dan terpujilah oleh Allah Swt

Opini :
Manusia adalah makhluk yang derajat, akal dan pikiran nya paling tinggi di bandingkan dengan makhluk lain nya, Cinta bisa membuat kita senang sekaligus menderita, kita bisa merasakan nya karena kita mempunyai hati untuk merasakan nya. kita pun bisa merasakan simpati, empati, tenggang rasa, dan belas kasih terhadap orang, seperti kutipan di atas "belas kasihan adalah perbuatan orang yang ber-budi. Sedangkan orang yang berbudi sangat di pujikan oleh Allah SWT.". Jadilah orang yang mepunyai kepedulian,simpati dan empati kepada keluarga/orang lain, jangan hanya kepada pacar saja. Jadilah orang yang disayangi dan dicintai semua oleh teman, keluarga, maupun pacar, karena cinta adalah segalanya.



sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Agape

Reginald Octaviano
55410710
1IA09

No comments:

Post a Comment